Saturday, April 13, 2013

KEPUTUSAN





Semua panca indera yang kita miliki, punya fungsinya masing masing.  Misalnya telinga. Ada banyak sekali hal yang kita dengar setiap harinya. Untuk itu kita punya hati untuk menyaring, mana yang baik untuk di cerna naluri,  dan mana yang hanya membuat lubang di hati. Keputusan mutlak berada di tangan kita. Orang lain, boleh berkata apapun dan mau tak mau di dengar oleh telinga kita. Tapi kita tak hidup dari apa yang mereka omongkan. Entah itu perkataan baik apalagi buruk. 

            Saya tinggal di komplek dengan ukuran cluster yang terbilang kecil di banding cluster lainnya yang ada. Setiap hari, ada saja omongan tetangga usil yang membuat kerja hati kita semakin berat. Sayangnya, saya memang tak menyediakan energy untuk hal semacam itu. Meski kadang harus bersitegang dengan ego dan harga diri, yang selalu tak rela saat memproses apa yang di dengar oleh telinga. Belum lagi, pergaulan di kantor yang masing masing orang memiliki emosi dan masalahnya sendiri. Sebenarnya terlalu banyak, hal yang membuat hati kita berlubang.  Tapi untuk apa ? Baiklah, kita memang hanya manusia biasa yang bisa sakit hati atau punya batas kesabaran pada satu tekanan tertentu. 


            Salah satu orang terbaik yang saya kenal dan  saya beri istilah “Perpanjangan Tangan Tuhan” pernah berkata. “Semua tergantung keputusan” Seseorang bisa lulus sarjana atau memilih untuk menjadi wirausaha selalu berawal dari  keputusan yang mereka buat. Hal itu berlaku pula di seluruh lini hidup ini. “Keputusan” . Akankah kita memutuskan untuk hidup dari perkataan orang lain, yang kebanyakan hanya menghanguskan energy positif milik kita. Atau  memutuskan untuk hanya mendengar dan berkolaborasi dengan hati, ego dan harga diri, untuk mencernanya menjadi sampah tak berguna yang tak perlu mendapat ruang sedikit pun. Lalu jalani hidup dengan segala konsekwensi logis dan realistis untuk mencapai tujuan – tujuan mulia menurut takaran hidup yang kita punya.


            Mari kita putuskan hanya yang keberpihakannya bisa menciptakan energy positif bagi kehidupan kita !

2 comments:

Chici said...

Yah terkadang buat seseorang ada juga ya mbak yang harus bergantung pada perkataan orang lain, tapi ya kadang dengar pendapat dari orang lain juga perlu sih. Hmm tetap aja ujungnya ya kitanya sendiri yang mutusin ya mbak :)

riajumriati said...

Hello Chici, thanks sudah mampir di blog saya. Betul sekali, semua pendapat memang perlu kita dengar, tapi keputusan untuk menjadikan apa yang kita dengar itu patut mendapat ruang di hati kita, bergantung pada diri kita sendiri. Salam ^_^