Monday, May 21, 2012

THE AVENGERS - Missing Link Yang Terlupakan


 


Film kategori super hero buatan Amerika, memang selalu over fantasi, over budget dan pastinya over fenomenal ! Di kagumi seluruh pemirsa dunia dan menjadi trending topic di berbagai media. Antrian panjang di berbagai bioskop, rela di lakoni demi mendapatkan tontontan berkwalitas. Film di The Avenger, yang masih di putar di berbagai bioskop di Indonesia, memang patut mendapatkan pujian bertubi. Menghadirkan 6 Super Hero dunia yang bertarung melawan Loki si Dewa keji – Adik tiri Thor yang merupakan  besutan dunia Asgard dari zaman dewa - dewa  mitologi Yunani.



Bagi mereka yang belum pernah menonton film super hero sebelumnya seperti Thor, Captain America, Iron Man dan Hulk. Pasti akan menemukan beberapa “missing link” pada saat mengikuti jalan cerita The Avenger. Terlebih, meski comic Black Widow dan Hawkeye  sangat terkenal tapi belum pernah di film kan, pasti akan timbul sedikit pertanyaan bagi penonton yang sama sekali asing dengan tokoh tokoh The Avengers ini. Tapi gemerlap efek visual yang sangat memukau mata, bisa melupakan semua kekurangan di film ini. Meski Joss Whedon sebagai sutradara tetap menyisipkan latar belakang sejarah singkat dari masing masing super hero ini.

Skenario memang sengaja menghadirkan banyak percakapan lucu serta adegan lucu di film ini.  agar penonton tetap memaklumi bahwa tidaklah mudah merekrut Superhero dari zaman Mitologi, Perang Dunia I hingga abad Futuristic. Misalnya, ketika Captain America berkali kali membentak Iron Man karena gaya bicaranya yang terlalu High-Tech, karena bahasanya terlalu membingungkan untuk dirinya yang lahir di abad perang dunia pertama. “Speak English Please !” Pintanya jengkel.  Atau, saat Thor di ejek Iron Man karena memakai jubah merah yang lebih mirip tirai jendela Ibunya. Lain halnya dengan Hulk, yang di minta tunduk oleh Loki si Dewa keji keluaran abad mitologi Yunani. Tanpa basa basi, Hulk langsung membanting tubuh dewa loki berkali kali sambil mendengus kesal “Dewa Yang Lemah !”.


Film berdurasi 2.5 jam ini,  tak beda dengan film super hero amerika lainnya. Kehancuran pasti terjadi di pusat kota New York. Memporak porandakan gedung, penyelamatan warga sipil dan mahluk musuh bergaya futuristic. Untung saja Transformer bukan besutan Marvel. Apa jadinya jika Optimus Prime and the Gank, ikut di rekrut dalam project The Avenger ini. Atau mungkin di sequel lanjutan The Avenger, akan hadir tokoh comic Marvel lainnya, seperti Daredevil, Ghost Rider atau Spiderman ?? Karena konon, akan hadir musuh yang lebih menyeramkan bernama Thanos dan tokoh jahat lainnya dalam memperebutkan 10 batu mistis yang mampu memberikan kekuatan kepada pemegangnya. Hmmm pasti lebih seru ! dan tentunya, Saya rela mengantri untuk nonton lagi :-)






No comments: